Welcome to www.silvia-syahla.blogspot.com

Kamis, 13 Oktober 2011

Rangking dan Peringkat Terbaik Universitas di Indonesia 2011



Berikut Peringkat dan Rangking Universitas Terpopuler di Internet.

Berita fenomenal kali ini datang dari peringkat universitas terbaik di Indonesia versi 4 INTERNATIONAL COLLEGES & UNIVERSITIES (4ICU). Peringkat 4ICU terbaru ini dirilis pada minggu kedua bulan ini. Lembaga ini melakukan pemeringkatan terhadap 10.200 peguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu Google Pagerank, inbound link Yahoo, dan web traffic berdasarkan Alexa.

Berikut adalah daftar 10 besar perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar 4ICU terbaru:


Institut Teknologi Bandung (ranking 32 dunia)



Informasi Umum

Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

Universitas Indonesia (ranking 155 dunia)



Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat.
Universitas Indonesia secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga Perguruan Tinggi papan atas di Indonesia, bersama dengan UGM dan ITB. UI mendapat rangking 395 di THES World University Rankings of 2007, di antara 11000 universitas yang dinilai di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2008, UI menduduki peringkat ke-287 di antara top university di dunia dan pada tahun 2009 menduduki peringkat ke-50 besar di Asia.Pada bulan Oktober 2009, UI menduduki peringkat ke-201 di antara top university di dunia.

Universitas Gadjah Mada (ranking 621 dunia)


Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia
Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu program Pascasarjana (S-2 dan S-3). Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ranking 779 dunia)


Pada tanggal 10 Nopember 1957, Yayasan mendirikan “PERGURUAN TEKNIK 10 NOPEMBER SURABAYA” yang pendiriannya diresmikan oleh presiden Soekarno. Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember Surabaya hanya memiliki dua jurusan yaitu, Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin.

Setelah beberapa tahun melalui usaha-usaha yang dirintis oleh tokoh-tokoh dari YPTT, Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember diubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama: “INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER DI SURABAYA”

Universitas Gunadarma (ranking 1058 dunia)

Universitas Gunadarma, disingkat UG, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utamanya berada di Kota Depok, Jawa Barat dan kini slogan & motto tagline nama lambang tulisan adalah Sekolah menengah atas, Sekolah menengah kejuruan.

Universitas Sumatera Utara (ranking 2010 dunia)


Program Studi
USU memiliki 14 fakultas/sekolah yaitu Kedokteran, Hukum, Pertanian, Teknik, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Sastra, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Psikologi, Keperawatan dan Pascasarjana. Jumlah program studi yang ditawarkan sebanyak 135, terdiri dari 19 tingkat doktoral, 32 magister, 18 spesialis, 5 profesi, 46 sarjana, dan 15 diploma. Jumlah mahasiswa terdaftar saat ini lebih dari 33.000 orang, 1000 di antaranya adalah mahasiswa asing.
Sekilas Pandang
Sejak awal pendiriannya, USU dipersiapkan menjadi pusat pendidikan tinggi di Kawasan Barat Indonesia. Sewaktu didirikan pada tahun 1952, USU merupakan sebuah Yayasan, kemudian beralih status menjadi PTN pada tahun 1957, dan selanjutnya berubah menjadi PT-BHMN pada tahun 2003.

Universitas Diponegoro (ranking 2023 dunia)


Universitas Diponegoro, lebih dikenal dengan singkatan UNDIP, adalah sebuah universitas di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai universitas swasta dan baru mendapat status perguruan tinggi negeri pada 1961. Kata Diponegoro diambil dari pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran dari Jawa Tengah yang mengobarkan semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian UNDIP.
Terkait hubungan Indonesia dengan Malaysia yang memanas, pada Agustus 2009, rektor perguruan tinggi Susilo Wibowo menyatakan bahwa Universitas Diponegoro Semarang sudah berhenti menerima pelajar Malaysia bagi tahun akademik 2009-10.

Universitas Bina Nusantara (ranking 2070 dunia)


BINUS UNIVERSITY pada awalnya didirikan sebagai sebuah lembaga pelatihan jangka pendek komputer, Kursus Komputer modern, pada tanggal 21 Oktober 1974. Ini adalah awal pertumbuhan yang cepat dan ekspansi, diberkati dengan dasar yang kuat, visi yang jelas, dan dedikasi tinggi.

Pertumbuhan yang pesat dan kepentingan rakyat menyebabkan induksi sekolah. Kursus Komputer modern telah berkembang menjadi 'Akademi Teknik Komputer (ATK)' atau 'Sistem Komputer Akademi' pada tanggal 1 Juli 1981. Ini ditawarkan Diploma (D-3) Program Manajemen Informasi dan Ilmu Komputer. Tiga tahun setelah, pada tanggal 13 Juli 1984, ATK diperoleh "Terdaftar" status dan berubah nama menjadi 'Akademi Manajemen Informatika Komputer dan (AMIK)' atau 'Akademi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer' Jakarta. Pada tanggal 1 Juli 1985, AMIK Jakarta membuka Program Diploma lain Komputerisasi Akuntansi. Pada tanggal 21 September 1985, AMIK Jakarta berganti nama menjadi AMIK BINA NUSANTARA.

Pada tanggal 17 Maret 1986, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Dewan Pendidikan Tinggi Distrik III AMIK BINA NUSANTARA diberikan sebagai Akademi Komputer Terbaik, ketika masih relatif muda.

Meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang Teknologi Informasi BINA NUSANTARA termotivasi untuk mendirikan 'Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer dan (STMIK)' atau 'Institut Manajemen Informasi dan Ilmu Komputer' BINA NUSANTARA pada tanggal 1 Juli 1986. Institut ini menawarkan Sarjana (S-1) Program Manajemen Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer.

Pada tanggal 9 November 1987, AMIK BINA NUSANTARA dilebur dengan STMIK BINA NUSANTARA. Ini menciptakan sebuah institusi tunggal yang menawarkan Diploma (D-3) dan Sarjana (S-1) program. STMIK BINA NUSANTARA dicapai "Terakreditasi" status untuk semua program dan tingkat, pada tanggal 18 Maret 1992. Setelah sudah mengukir reputasi yang baik, STMIK BINA NUSANTARA diresmikan Guru (S-2) Program Sistem Informasi Manajemen, yang pertama dari jenisnya di Indonesia pada 10 Mei 1993.

Sebagai langkah berikutnya untuk BINA NUSANTARA, BINUS UNIVERSITY didirikan pada 8 Agustus 1996. STMIK BINA NUSANTARA kemudian digabungkan ke BINUS UNIVERSITY pada tanggal 20 Desember 1998. BINA NUSANTARA UNIVERSITY, pada saat itu, memiliki 6 Fakultas: Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Bahasa dan Budaya, Psikologi dan Komunikasi & Multimedia, juga dengan Program Belajar BINUS Online.

Universitas Pendidikan Indonesia (ranking 2212 dunia)

Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan. Beberapa alasan didirikannya PTPG antara lain: Pertama, setelah Indonesia mencapai kemerdekaannya, bangsa Indonesia sangat haus pendidikan. Kedua, perlunya disiapkan guru yang bermutu dan bertaraf universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan merintis terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Gedung utama UPI bermula dari puing sebuah villa yang bernama Villa Isola, merupakan gedung bekas peninggalan masa sebelum Perang Dunia II. (Pada masa perjuangan melawan penjajah, gedung ini pernah dijadikan markas para pejuang kemerdekaan). Puing puing itu dibangun kembali dan kemudian menjelma menjadi sebuah gedung bernama Bumi Siliwangi yang megah dengan gaya arsitekturnya yang asli.

Di sinilah untuk pertama kalinya para pemuda mendapat gemblengan pendidikan guru pada tingkat universitas, sebagai realisasi Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 35742 tanggal 1 September 1954 tentang pendirian PTPG/Perguruan Tinggi Pendidikan Guru).

Universitas Sebelas Maret (ranking 2218 dunia)


Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, biasa disingkat sebagai UNS, adalah universitas negeri yang berada di Kota Surakarta. Universitas yang giat membangun ini, menyediakan berbagai paket pendidikan diploma, sarjana, dan pascasarjana.
Universitas Sebelas Maret berdiri sejak 11 Maret 1976, yang awalnya merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi yang ada di Surakarta. Pengabungan beberapa perguruan tinggi tersebut, mempunyai satu tujuan yang besar, yakni meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Surakarta. Setelah 5 tahun melakukan konsolidasi, UNS mempersiapkan diri untuk memulai proses perkembangannya. Pembanguan secara fisik dimulai pada tahun 1980. Di bawah kepemimpinan dr. Prakosa, kampus yang semula terletak di di beberapa tempat disatukan dalam suatu kawasan. Lokasi tersebut adalah di daerah Kenthingan, di tepi Sungai Bengawan Solo, dengan cakupan area sekitar 60 hektar. Di daerah Kenthingan inilah, pembangunan kampus tahap pertama berakhir pada tahun 1985.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copy Right @silviasyahla.yahoo.com